Selasa, 07 Januari 2014

Lingkungan Rumahku (MARGONDA)

 Jalan margonda raya, hampir 17 Tahun saya tinggal didaerah margonda depok, tepatnya saya tinggal di Jl kober. Depok kota yang sangat maju, dalah 10tahun terakhir, depok mengalami perkembangan yang sangat pesat, perkembangan yang sangat pesat pun menjadi penyebab kepadatan penduduk. lokasi sekitar rumah saya yang di kelilingin oleh universitas perguruan tinggi yang memicu datangnya penduduk dari luar daerah ke Depok.

Berbeda dengan 13tahun yang lalu didaerah ini, margonda hanyalah sekedar jalan dari jakarta menuju ke arah bogor, sekarang hampir diseluruh jalan terdapat cafe, rumah makan ataupun ruko. sangat berbeda dengan dulu yang hanya jalan sepi dengan jalan yang sempit.

hampir diseluruh sudut margonda kita dapat menemukan suasana seperti foto dibawah ini


yang bahkan penduduk pendatang lebih memadati kawasan ini sekarang dibandingkan penduduk yang lama menetap di daerah ini.

Terlebih lagi semenjak adanya Margo City, dan Depok TownSquare.



Menambah kepadatan jalan margonda menjadi sangat ramai hingga tampak seperti gambar dibawah ini

Apalagi dengan adanya angkot angkot yang berhenti sembarangan disekitar Margo dan Depok Townquare


Saya sangat perihatin dengan pembangunan di pusat kota depok ini yang tidak mempedulikan lingkungan. karena banyak sekali pembangunan yang serempak dan cepat, tetapi selalu saja menghapus kawasan hijau yang pernah ada, di sekitar rumah saya sendiri, ada banyak sekali kawasan hijau yang penuh pepohonan yang kini disulap menjadi kos kosan.

Menurut saya, seharusnya perkembangan arsitektur didaerah ini, harus lebih mempedulikan lingkungan, karena sepanjang penglihatan saya, pembangun pesat selalu saja merubah depok menjadi cyber city, dengan gedung gedung, kawasan mewah yang tidak mempedulikan kehijauan, sampai sekarang tidak ada pembangunan taman kota di sepanjang margonda raya, yang seharusnya pembangunan taman kota harus ada untuk mempertahankan kawasan hijau sekaligus menjadi kawasan yang disukai oleh masyarakat.

Juga penyebrangan titik titik tertentu yang menjadi pengundang kemacetan lalu lintas yang saat ini sedang di bangun, merupakan suatu kemajuan yang baik menurut saya.

Harapan kedepan saya, ada nya kehijauan disekitar badan jalan sepanjang margonda, terlebih dari mulai BSI Depok sampai Terminal Depok. karena sepanjang jalan ini sangat ramai dan padat, hanya ruko ruko yang terlihat, tetapi kerindangan pepohonan yang dulu ada, sekarang sudah tidak dipedulikan.

Marilah kita menjadi suatu perancang yang mempedulikan lingkungan demi kenyamanan bersama, dan menjaga bumi kita agar tetap segar dan indah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar